not just a story, but it also creating a history

__Love * Life * sad *GLad * tears * Laugh-----

Minggu, 30 Desember 2007

"Jangtung Saya Berdetak Kencang"



Tercatat sudah dua kali sampai detik ini (28 des'07) saya mengikuti pelatihan jurnalistik online, bukan karena saya ingin tahu bagaimana cara membuat blog, karena saya sudah bisa meskipun gak jago-jago banget, lumayanlah bisa buat modal untuk narsis (hahaaa), tapi saya ingin dapat pengakuan dari kemampuan saya di bidang tersebut.

Pertama kalinya yaitu awal Desember'07, tepatnya tanggal 1 (satu), yang diselenggarakan atas kerja sama Indo Post dan LA bertempat di gedung Graha Pena lantai tujuh, dan yang kedua kalinya hari ini 28 Desember'07 yang diselenggarakan oleh LPM Institut UIN Syarif Hidayatullah "Workshop pembuatan blog dan jurnalisme online 'jutaan orang di dunia menjadikan blog sebagai media ekspresi diri'"

Dua kali mengikuti pelatihan, dua kali pula saya merasakan jantung saya berdetak semakin kencang, sekencang benderang mau perang. Jantung yang selalu berdetak kencang, tak henti-hentinya memberikan isyarat buat saya, bahwa saya harus semangat dan inilah saat-saat yang tepat untuk mengaktualisasikan diri dan menunjukkan kepada dunia, bahwa rien zoom bisa, bahwa inilah duniamu rien zoom, dunia yang menjadikan seseorang tidak hanya menulis cerita tetapi menciptakan sejarah tentang kehidupan. Emang githu????. Seperti kalimat yang dipresentasikan oleh mbak Ira LathieF "Blogging is not just about writing a story, but it also creating my own history".


Yang menjadi alasan kuat kenapa jantung saya berdetak kencang, adalah saya merasa dalam suasana yang bener-bener dunia rien zoom, bener-bener saya merasa memiliki peran dan harus mengambil kesempatan di dalamnya. Tidak seperti saat saya mengikuti seminar-seminar controversial, seminar politik, seminar yang lain-lainnya yang menjadikan saya tidak lebih hanya sekedar pelengkap, hanya ingin tahu saja, atau sekedar iseng-iseng berduit (ngayal trZZzz,,,,,,). Intinya saya ingin tampil terbaik diantara peserta lain. (biasa!!!! yang sudah lama hanya jadi kambing congek dalam masa pencarian jati dirinya selama menjadi mahasiswi metropolitan)

Narsis banget bukan??

Atau over convidence??

Tapi ,,,,,,apakah kenarsisan rien zoom n rasa kepercayaan dirinya yang berlebihan itu terjawab???



*****GRAHA PENA, Lantai tujuh 01 Des'07

Saya dapat kabar dari teman, bahwa Indo Post mengadakan lomba bLog (untuk lebih jelasnya= blogjurnalistikonlain.com/), langsung saja saya hubungin kantor setempat via telepon sekalian mendaftarkan diri. Sebelum keberangkatan banyak hal yang saya persiapkan mulai dari ngedesain multiply dengan glitter, dan juga beberapa tulisan yang menjamur di flasdisk mulai saya edit-edit. Namanya juga ikutan lomba sedikit banyak pasti punya harapan dan obsesi untuk menang.

"Tentu untuk meraihnya, apa yang kita usahakan?".

Sesampai di Graha Pena, ternyata di sana hanya pelatihan atau lebih mudahnya hanya sekedar pengantar untuk mengikuti lomba. Jadi di sana tidak lebih hanya mendapatkan materi tentang jurnalistik yang disampaikan langsung oleh pemimpin redaksi dan cara pembuatan wordpress (yaitu provider yang akan di gunakan untuk lomba) yang disampaikan mas Avon.

Sedikit kecewa, tapi yang jelas banyak senengnya….???

Setelah materi cara pembuatan blog berlangsung, saya mengacungkan tangan. Saat mas Avon bertanya "Siapa yang ingin mencoba mempraktekannya di depan?"

Ada beberapa yang mengacungkan tangan, masing-maing dari mereka peserta dari kampus yang punya status dan saya teramat pede dari UIN Jakarta, kenapa tidak???

Saya ditunjuk untuk tampil pertama kali, karena saya kira lombanya "pada saat itu" dari pada tulisan saya membusuk di flashdisk, lagi-lagi dengan percaya diri yang berlebihan saya posting saja salah satunya pada kesempatan narsis tersebut. Judulnya tentang "KETIDAKPASTIAN", lengkap dengan image. Terima kasih buat mas Avon atas apresiasinya, dan selanjutnya dari temen-temen yang mengacungkan tangan tadi, agak gerogi dan gimana githu…???. Langsung saja mas Avon ngeledek. "Masak kalah sama rien zoom???" . Pastinya ada yang pede setelah saya. Terima kasih ,,,,terimakasih.

Lega, puas, meskipun hanya sekedar pelatihan setidaknya bertambah pengalaman hidup. Dan yang paling membuat saya terbang, kebetulan waktu itu saya diantar sama someone saya dan setelah acara berlangsung dia berkata "TErima kasih ya sayang, hari ini kamu telah menunjukkan tentang dirimu di depan mas. Mas senang punya kekasih seperti kamu" (hEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEeeeeeee).



*****Aula Madya UIN Syarif Hidayatullah, 28 Des'07

"Workshop pembuatan blog dan jurnalisme online 'jutaan orang di dunia menjadikan blog sebagai media ekspresi diri'"

Dalam acara tersebut saya tampil ke depan sebanyak lima kali, dua kali sharing, satu kali bertanya, satu kali jawab dan satu kali terima hadiah. Terus apa yang membuat saya semangat???

Awalnya saya tampil ke depan dan tampil pertama kalinya setelah materi selesai disampaikan oleh mbak Ira Lathief. saya memilih sharing tentang pengalaman saya di dunia maya (ngebLog). Berawal dari kalimat boys friend saya yang sekarang masih tercatat sebagai mahasiswa Stikom Surabaya "masak mahasiswi metropolitan gaptek". Berawal dari situlah saya mempunyai harapan yang kuat untuk mengetahui tentang dunia maya, awalnya hanya sekedar perasaan ingin bisa, dan tidak terlalu berfikir panjang bagaimana nantinya, buat apa dan mau jadi apa dengan ngeblog?. Bagi saya pada saat itu tidak penting, yang penting saya bisa dan sebisa mungkin saya mempromosikan tulisan-tulisan saya yang masih kelas kacangan dari sudut pandang penulis hebat.

Sampai pada waktunya, yaitu semester tujuh (Semester saya sekarang), ada salah satu dosen yang mewajibkan setiap mahasiswa mempunyai weblog namanya bapak Darsana Setiawan (http://darsanas.multiply.com/). Pada saat itulah saya mulai mengerti untuk apa, sesuatu yang saya geluti dan gandrungi setahun terakhir ini. Dan pada saat itu pula saya mulai kebanjiran pesan untuk ngajarin temen-temen satu anggkatan yaitu ngajaring ngeblog. Dan tidak jarang dapat sms dari temen yang sedang ngenet "rien alamat blog kamu apa??", itu semua terjadi diantaranya karena bapak Darsana sering mempopulerkan blog saya diantara teman jurusan angkatan 04/05. Dan sering kali juga, sama teman jurusan saya dikatain "walah zOOm!! kemana saja selama ini orang ndeso, katrok bin medok ternyata boleh juga tucH, kesibukannya ngalah-ngalahin kita yang orang kota". Yach itulah sepenggal sharing saya.

Melihat kenarsisan saya, para peserta lainya ngecengin keberadaan saya di depan "Narsis, narsis, narsis banget sich Lw, alamat blog Lw apa??". Justru dari kenarsisan itulah yang membuat pikiran mereka langsung menuntun berkata untuk minta alamat saya. (yachhh anggap saja kenarsisan saya sebagai sarana untuk memotivasi Lw pade haaaa)

Buka saja di :

akurienzumaroh.multiply.com/

akurienj.blogsome.com/ lengkap dengan link blog saya yang lainnya.

Di sela-sela acara tersebut dan waktu break banyak dari mereka yang mau tahu tentang saya, khususnya Mbak Ira Lathief (penulis biografi Tukul Arwana)'http://iralennon.blogspot.com/' dan Mbak Desy Saputra (wartawan ANTARA) 'http://desysaja.blogspot.com/' yang kebetulan mereka berdua adalah nara sumbernya meminta alamat blog saya, bagi mahasiswa tidak hanya meminta alamat blog tapi plus no HP. Dan terakhir kalinya ada salah satu teman yang mengejar-ngejar saya dan bertanya seputar motivasi saya mengikuti acara tersebut dan kalau tulisannya bagus masuk di BERITA UIN. (narrrrrrrrrrrrrrrsis pol-polan, notok jedok, amit-amit bin gak ketolong)

Pertanyaannya, "Senarsis apa sich saya dalam acara tersebut???????



*****BLOgGing iN MotivatiOn

Apasih yang memotivasi saya aktif di dunia maya, tepatnya ngeblog?? Itu adalah pertanyaan yang paling mendasar, yang menunjukkan dari apa yang dilakukan oleh seseorang pastinya punya proyeksi ke masa depan. Itu jelas???

Awalnya saya ngeblog, gak lebih dari hanya sekedar harapan bisa dan tidak ingin di katain orang untuk yang kesekian kalinya, bahwa saya mahasiswi metropolitan tapi gapteknya gak ketolong.

Meskipun hanya sebuah perasaan ingin bisa, tapi tidak menutup kemungkinan bagi saya pada saat itu untuk memperkenalkan pada teman-teman bahwa saya punya kebiasaan menulis, dan tulisan-tulisan saya yang selama ini berserakan di kertas, mulai saat itu saya ketik dan saya post diblog.

Sampai pada perkembangan selanjutnya, saya ingin mengoptimalkan kemampuan saya di bidang menulis yang akhir-akhir ini sempat terhenti. Apresiasi dari teman yang dilewatkan testimonial, comment, guestbook, sms, dan lain sebagainya yang merupakan makna dari sebuah pengakuan tentang tulisan-tulisan iseng saya, sedikit demi sedikit menjelma semangat yang kuat bahwa suatu hari saya ingin membuat buku bertema "meaningful life". Kalau tidak kesampaian, setidaknya sudah bisa teman-teman baca di blog saya.

Akhinya,,,,,,,,,


*Terima kasih saya buat "IBU" H. Siti Rahmah, karena lewat kerja keras dialah, kebiasaan menulis saya tersalurkan, mulai membelikan laptop (meski sekarang dah bercinta sama maling), sangon khusus dan semua-muanya dari sanalah kebahagiaan dan kepuasan bersumber, iBu "Engkaulah wanita tiada duanya dalam hidup saya".

**Kedua kalinya teruntuk ayah saya H. Ali Murtadho, terima kasih akan dedikasi dan kasih sayangnya terhadap keluarga.

Teruntuk cinta

Antara yang mencinta dan dicinta

1 Komentar:

Blogger Ira Lathief mengatakan...

great girl, great post, and great to meet you ! keep on blogging and moga2 lo bs segera membukukukan "meaningful life" ...you rock!!

3 Januari 2008 pukul 20.16  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda